Tentang Dody Wijaya

dody_pelantikan.jpgSaya Dody Wijaya biasa dipanggil Mas Dody. Lahir di Surabaya 03 Maret 1986. Suami dari Qurratul Ain Nasution dan Ayah dari seorang putri : Revoluna Hanifah el-Yusra.

Saya terinspirasi oleh Imam al-Ghazali, beliau mengatakan: “Jika Kau Bukan Anak Raja, Juga Bukan Anak Ulama Besar, maka Menulislah”. Karena saya tidak lahir dari keluarga orang-orang besar, saya harus banyak belajar dan membaca perjalanan hidup orang-orang besar, salah satunya orang bisa besar karena menulis, untuk bisa menulis orang harus memiliki kemampuan intelektual.

Untuk mengasah kemampuan intelektual dan berorganisasi, saya mulai aktif berorganisasi baik di OSIS, Yayasan Al Kahfi, hingga di Himpunan Mahasiswa Islam, Laboratorium Ilmu Politik UMJ, Sekolah Kepemimpinan Politik Bangsa-Akbar Tandjung Institute, maupun di Sekolah Politik-Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Muhammadiyah DKI Jakarta.

 ”Siapa yang hanya memikirkan dirinya sendiri, dia akan hidup sebagai orang kerdil dan mati sebagai orang kerdil, tapi, siapa yang mau memikirkan orang lain, dia akan hidup sebagai orang besar dan mati sebagai orang besar.” (Sayyid Qutb)

Masa muda banyak saya habiskan di dunia sosial, pendidikan, dan dakwah, baik sebagai Ketua Program Pelajar Jakarta Berkarakter  (Program Pendidikan Karakter Bangsa bekerjasama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta), menjadi trainer dan pembicara pendidikan karakter, membangun lembaga sosial, dan menjadi inisiator program “Rumah Dhuafa Sarjana”.

Passion yang kuat di bidang politik membuat saya mengambil studi lagi di Prodi ilmu politik dan memutuskan untuk terjun di dunia politik. Saya sependapat dengan gagasan “Justru harus lebih banyak orang bersih, berintegritas, dan kompeten yang berada di pemerintahan dan politik – karena disanalah keputusan yang menyangkut kepentingan publik di putuskan.” Sejak 2016 – 2017 mulai aktif dalam dunia politik dalam kelompok diskusi, Sekolah Politik dan Kepemimpinan Bangsa – Akbar Tandjung Institute, serta menjadi relawan demokrasi di Pilgub DKI di KPU Jakarta Selatan.