Berbagi Masker, Dorong Prokes Cegah Covid-19

Saya bersama rekan-rekan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Jakarta Selatan (KPU Jaksel) membagi-bagikan masker kain kepada para pengguna jalan pada Selasa 7 April 2020. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisasi penularan coronavirus baru (Covid-19) dan kian tipisnya stok masker di pasaran.

Masker yang diberikan 100% berbahan katun berlapis dua. Merujuk riset Cambridge University, menahan virus SARS-CoV-2 sebesar 60-70%. “Pembagian masker sesuai Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 9 Tahun 2020, di mana masyarakat diwajibkan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.”

Saat ini Ibu Kota masuk zona merah penyebaran Covid-19 sejak kali pertama dikonfirmasi pemerintah. Sehingga, kesadaran masyarakat akan urgensi pemakaian masker harus digalakkan. Sayangnya, banyak masyarakat belum menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dicontohkannya dengan para pedagang dan pengemudi ojek daring (online) yang biasa berseliweran di depan kantor KPU Jaksel.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap, penularan Covid-19 di Jakarta berkurang dan membantu akses masyarakat luas dalam mendapatkan masker karena belakangan semakin langka.”

Ratusan masker itu diproduksi penjahit lokal yang diberdayakan KPU Jaksel. Utamanya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Jadi, selain kita menyosialisasikan bahaya Covid-19, kita juga memberdayakan UMKM yang turut terpukul karena pandemi ini.”

Liputan berita : https://www.alinea.id/nasional/cegah-covid-19-kpu-jaksel-bagi-bagi-masker-kain-gratis-b1ZLn9thp 

About Dody Wijaya

Peminat Kajian Kepemiluan dan Pegiat Pemilu, Tinggal di Jakarta Selatan

Check Also

Mutakhirkan Data Pemilih di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19 dan adaptasi sistem kerja WFO-WFH, KPU Kota Jakarta Selatan tetap bekerja …

Tinggalkan Balasan