Buku Panduan Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan PPK

Kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara merupakan tahapan penyelenggaraan pemilu setelah melaksanakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan di TPS sebagaimana ketentuan dalam peraturan perundangundangan. Tahapan ini tentunya sangat menentukan bagi peserta Pemilu dalam memperoleh suara. Perolehan suara yang diperoleh oleh peserta Pemilu di setiap TPS akan direkap mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, sampai dengan tingkat nasional. 

Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kecamatan merupakan tingkatan awal dalam pelaksanaan rekap. Proses rekapitulasi yang dilaksanakan di tingkat kecamatan dilakukan dengan 2 (dua) tahap, yaitu:

  1. Rekapitulasi hasil Penghitungan suara di setiap TPS dalam wilayah Desa/Kelurahan atau sebutan lainnya; dan
  2. Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di setiap Desa/kelurahan dalam wilayah kecamatan.

PPK mempunyai peranan penting dalam melaksanakan tahapan ini, keberhasilan dalam tahapan ini tentunya tergantung kepada pemahaman PPK dalam memimpin proses rekapitulasi. Oleh karena itu, berbagai upaya terus dilakukan untuk memperkuat pemahaman PPK, salah satunya adalah dengan menerbitkan “Buku Panduan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara di Tingkat Kecamatan” sebagai pedoman PPK dalam pelaksanaan rekapitulasi tingkat kecamatan. 

 

Download disini BUKU PANDUAN PPK DLM REKAPITULASI TUNGRA

About Dody Wijaya

Peminat Kajian Kepemiluan dan Pegiat Pemilu, Tinggal di Jakarta Selatan

Check Also

Skenario Simulasi Tungsura di TPS

Untuk penyelenggara dan pegiat pemilu yang membutuhkan skenario simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.