Mutakhirkan Data Pemilih di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19 dan adaptasi sistem kerja WFO-WFH, KPU Kota Jakarta Selatan tetap bekerja memutakhirkan data pemilih. Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan rutin diselenggarakan setiap bulan sesuai SE KPU RI No: 181/PL-02.I-SD/01/KPU/II/2020 perihal pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tahun 2020. Dalam surat Edaran tersebut KPU Kab/Kota wajib menyelenggarakan rapat koordinasi dan rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan secara rutin pada tiap bulan.

Pada hari selasa 15 September 2020, KPU Kota Jakarta Selatan kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bulan September tahun 2020. Rapat Pleno terkait pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini diselenggarakan

Dalam rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bulan September tahun 2020 dengan para stakeholders dan para pimpinan partai politik tingkat kota Jakarta Selatan, dihadiri antara lain oleh:

1. Komisioner KPU Provinsi DKI Jakarta
2. Ketua dan anggota KPU kota Jakarta Selatan
3. Sekretaris beserta jajaran Sekretariat KPU Kota Jakarta Selatan
4. Kasdim 0504/JS
5. Perwakilan Polres Metro Jakarta Selatan
6. Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Selatan
7. Kepala Sudin Dukcapil Kota Jakarta Selatan
8. Kepala Kesbangpol kota Jakarta Selatan
9.Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Jakarta Selatan
10. Para pimpinan Partai Politik tingkat Kota Jakarta Selatan

Rapat Pleno ini bertujuan untuk menetapkan jumlah pemilih di kota Jakarta Selatan berdasarkan proses pemutakhiran daftar pemilih sampai dengan tanggal 15 September tahun 2020, sekaligus diharapkan akan mendapatkan respon balik dari para pemangku kepentingan dan pimpinan partai politik di wilayah kota Jakarta Selatan terhadap data pemilih yang telah dimiliki oleh KPU kota Jakarta Selatan, sehingga diharapkan akan terjadi proses updating data dan tentunya akan mengurangi tingkat error/invalid pada data pemilih dimaksud.

Rapat koordinasi tersebut berlangsung secara kondusif dan interaktif. Dalam rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan bulan September tahun 2020 ini, KPU Kota Jakarta Selatan menetapkan total jumlah pemilih per tanggal 15 September tahun 2020 di wilayah Kota Jakarta Selatan adalah sebanyak 1.695.329 pemilih terdiri dari 840.378 pemilih laki-laki dan 854.951 pemilih perempuan.

About Dody Wijaya

Peminat Kajian Kepemiluan dan Pegiat Pemilu, Tinggal di Jakarta Selatan

Check Also

Buku Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Buku Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Tahun 2019 dalam Angka yang diterbitkan oleh …

Tinggalkan Balasan