Sinergi Stakeholder dengan Kesbangpol Jaksel

Pada Jumát 24 Januari 2020 saya dan kolega Komisioner KPU Kota Jakarta Selatan berkunjung ke kantor Suku Badan Kesbangpol Jakarta Selatan.

Ketua KPU Jakarta Selatan Agus Sudono menyampaikan apresiasi Kesbangpol atas kerjasamanya dalam menyukseskan pemilu 2019 di wilayah Jakarta Selatan. Selain itu, Agus menambahkan kedepan sinergitas antara kedua instansi tersebut perlu ditingkatkan. “Kami berharap agar KPU dan Kesbangpol dapat bersinergi dalam berbagai kegiatan, khususnya mengenai pendidikan politik kepada masyarakat agar proses demokrasi kita semakin matang”, ungkap Agus

Kepala Kesbangpol menyambut baik gagasan KPU untuk meningkatkan kerjasama kedepan dan berharap agar KPU tidak dilupakan masyarakat. “Pasca pemilu, seringkali masyarakat lupa terhadap KPU. Maka kita buat tagline menolak lupa. Kita akan buat program FGD dan kami siap bersinergi dengan KPU”, begitu kata Pak Dirham sapaan akrab Kepala Kesbangpol Jakarta Selatan yang didampingi oleh Bu Maniar, Pak Haris dan Pak H. Indra.

Lebih lanjut H. Yusuf Satyanegara (anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan) menyampaikan bahwa KPU Jakarta Selatan memiliki banyak ide dan inovasi kegiatan namun terbentur oleh keterbatasan anggaran. Oleh karenanya, dengan sinergitas yang dibangun oleh KPU dan Kesbangpol diharapkan ide tersebut tidak berhenti hanya pada tataran gagasan tetapi bisa dilanjutkan dengan program yang nyata.

Sementara itu Fahmi Zikrillah (angggota KPU Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM) menjelaskan bahwa pendidikan politik tidak boleh berhenti hanya sebatas pada masa pemilu, namun perlu dilanjutkan pasca pemilu agar pemilu kita bisa lebih berkualitas. “KPU Jakarta Selatan memiliki Rumah Pintar Pemilu yang diharapkan bisa menjadi center of election and democracy, agar masyarakat kita semakin cerdas dalam berdemokrasi”, ungkap Fahmi.

Dody Wijaya (Anggota KPU Divisi Teknis) menambahkan, KPU Jakarta Selatan akan membuat grand design konsep pendidikan politik secara komprehensif sehingga sinergisitas bisa berjalan secara konkrit. “Kami akan matangkan konsepnya, dan akan kami serahkan kepada kesbangpol untuk bisa disinergikan”, pungkas Dody.

About Dody Wijaya

Peminat Kajian Kepemiluan dan Pegiat Pemilu, Tinggal di Jakarta Selatan

Check Also

Energi Panas Bumi Bikin Sumut Berseri

Malam itu usai salat magrib, terdengar suara renyah tawa anak-anak dari sebuah ruangan. Sekelompok anak …

Tinggalkan Balasan