Launching Buku Pemilu Serentak 2019 dalam Angka

Hari Jumat, 13 Desember 2019 adalah hari yang membahagiakan buat saya. Setelah hampir satu bulan berjuang mengkoordinasi pembuatan buku Pemilu Serentak 2019 dalam Angka bersama Tim Sekretariat akhirnya buku ini bisa di launching tepat waktu. Kegiatan ini menjadi kegiatan penutup akhir tahun Pemilu 2019 yang di fasilitasi sekretariat KPU Kota Jakarta Selatan dalam tajuk “evaluasi pencalonan dan launching buku pemilu 2019 serentak dalam Angka“.

Kegiatan ini mengundang para Pimpinan Muspiko, Bawaslu, Perwakilan anggota DPR RI dapil 2, anggota DPD, Perwakilan Anggota DPRD dapil 7 & 8, Pimpinan Partai Politik, Perwakilan Anggota KPU Kota se-DKI Jakarta, Dewan Kota, FKDM, Forum LMK, Kesbangpol, Dukcapil dan para Narasumber.

Menariknya narasumber yang hadir adalah para srikandi pegiat Pemilu Indonesia : Mbak Titi Anggraini (Direktur Eksekutif Perludem), Bu Endang Sulastri (Anggota KPU RI 2007-2012), dan Betty Epsiloon Idroos (Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta).

Kebehasilan KPU Kota Jakarta Selatan menyelenggarakan Pemilu serentak pada 17 April 2019 dengan lancar, aman, dan damai serta menghasilkan anggota legislatif terpilih dan Presiden untuk periode lima tahun ke depan (2019-2024). Penyelenggaraan Pemilu 2019, juga berhasil meningkatkan tingkat partisipasi pemilih yang mencapai 81 %, melampaui tingkat partisipasi Pemilu 2014 yang hanya mencapai 77,5%

Pemilu serentak 2019 adalah lintasan sejarah besar bangsa ini yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa dipetik, tidak hanya bagi kita, tetapi juga buat generasi ke depan. Tentunya agar momen sejarah ini bisa menjadi bahan pelajaran dan pengalaman di masa mendatang perlu sebuah media yang merekam, menganalisis, dan mengurai data dan fakta setiap tahapan dan peristiwa Pemilu

Bagi KPU Jakarta Selatan, suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 merupakan sebuah kebanggaan dan prestasi karena Pemilu diyakini sebagai sarana konsolidasi demokrasi di Indonesia. Untuk itu, penting kiranya mendokumentasikan hasil-hasil Pemilu Serentak 2019 dalam bentuk buku yang mudah dibaca dan dipahami oleh masyarakat.

Tujuan diterbitkannya buku berjudul “Pemilu Serentak 2019 Dalam Angka : Infografis Hasil Pemilu di Jakarta Selatan” antara lain: Pertama, menghimpun dan mengolah profil partai politik peserta pemilu, tahapan pemilu, dan hasil-hasil Pemilu serentak 2019. Kedua, memudahkan masyarakat memahami tentang Pemilu 2019. Ketiga, kewajiban KPU sebagai badan publik dalam mengimplementasikan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sekaligus upaya meningkatkan reputasi kelembagaan.

Secara garis besar, Buku Data “Pemilu Serentak 2019 Dalam Angka : Infografis Hasil Pemilu di Jakarta Selatan” terdiri dari beberapa bagian antara lain: Profil Partai Politik Peserta Pemilu 2019; Pemilu Anggota DPR dan DPD RI 2019; Pemilu Presiden 2019, Infografik Hasil Pemilu 2019; Profil Caleg DPRD Dapil 7 dan 8 serta DPR RI Terpilih Pemilu 2019; Infografik Hasil Pemilu 2019 Setiap Kecamatan dan Kelurahan. Mudah-mudahan upaya mengumpulkan data Pemilu Serentak 2019 dalam satu buku ini memudahkan masyarakat dalam mencari informasi terkait penyelenggaraan Pemilu 2019 di Jakarta Selatan.

Penerbitan buku ini juga dimaksudkan sebagai bentuk integritas, akuntabilitas, dan transparansi KPU yang telah menyelenggarakan Pemilu Serentak 2019 dengan sukses karena mengedepankan prinsip dan nilai-nilai demokrasi. Mudah-mudahan buku ini bisa menjadi penambah khazanah dalam bidang kepemiluan dan menjadi referensi penyelenggaraan Pemilu selanjutnya.

Pembaca yang tertarik Buku Pemilu Serentak 2019 dalam Angka di Jakarta Selatan bisa download  disini

Download

 

About Dody Wijaya

Peminat Kajian Kepemiluan dan Pegiat Pemilu, Tinggal di Jakarta Selatan

Check Also

Buku Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Buku Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Tahun 2019 dalam Angka yang diterbitkan oleh …

Tinggalkan Balasan