Buku Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Buku Penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Tahun 2019 dalam Angka yang diterbitkan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Buku ini memotret utuh wajah penanganan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 di Mahkamah Konstitusi dalam bentuk dan bahasa angka-angka. Deskripsi serba serbi penanganan perkara melalui bahasa angka-angka diharapkan lebih mudah dan cepat untuk dipahami. Informasi mengenai peserta pemilu tahun 2019, daerah pemilihan, hasil rekapitulasi perolehan suara, hingga ke penerimaan dan registrasi perkara, proses persidangan, ragam varian dalil permohonan, sampai putusan, seluruhnya ditampilkan menarik, sesuai persis dengan fakta yang ada. Termasuk, deskripsi angka perihal keberadaan dan kinerja layanan konsultasi yang disiapkan melayani para pencari keadilan.

Selain memberikan informasi dalam bentuk angka dan infografis pada momentum penanganan perselisihan hasil Pemilu tahun 2019, penerbitan buku ini dapat pula dikatakan sebagai semacam bundel laporan kinerja Mahkamah Konstitusi kepada publik, khususnya selama menjalankan salah satu kewenangan konstitusionalnya: memutus perselisihan hasil tentang pemilihan umum. Sekali lagi, buku ini terbit didasari kesadaran dan komitmen kuat kami, segenap komponen di Mahkamah Konstitusi, untuk melaksanakan dan mewujudkan prinsip transparansi.

Buku dapat di download sini Download

 

About Dody Wijaya

Peminat Kajian Kepemiluan dan Pegiat Pemilu, Tinggal di Jakarta Selatan

Check Also

Energi Panas Bumi Bikin Sumut Berseri

Malam itu usai salat magrib, terdengar suara renyah tawa anak-anak dari sebuah ruangan. Sekelompok anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.