Pesan Pemilu Untuk Kamu Warga dan Anak Muda Jaksel

Hai… Kamuuuu  

Iya, Kamu semua warga dan anak muda Jaksel, sebentar lagi pemilu 2019 dilaksanakan and Kamu punya hak untuk memilih. Hak pilih kamu dijamin konstitusi untuk digunakan memilih pemimpin negara dan wakil rakyat di lembaga legislatif melalui pemilu. Pemilu sebagai cara kita menentukan elite politik yang layak diberi amanah memimpin atau mewakili kita untuk mengurus pemerintahan. Setiap lima tahun sekali kamu yang menentukan, siapa pun yang terpilih mengemban amanah tersebut.

Iya… kamu lho, bukan yang lain.

Namun untuk dapat memilih, kamu harus tercatat dan masuk dalam daftar pemilih. Kamu penting terdaftar agar ada jaminan kamu bisa memilih dengan mudah dan bisa mendapat surat suara pas tanggal 17 April 2019. Daftar pemilih disusun untuk menentukan kamu memilih di TPS mana serta sebagai dasar bagi KPU untuk mencetak surat suara.

Kalau kamu belum masuk daftar pemilih, kamu tidak dapat memilih. Untuk itu kamu perlu memastikan apakah kamu sudah terdaftar???. Pendaftaran pemilih sudah ditutup lho. Jangan-jangan kamu belum terdaftar 😱😱😱.

Upss… Jangan galau, apalagi langsung nge-blank. Segera pastikan apakah kamu sudah terdaftar apa belum. Kamu bisa lakukan satu dari tiga cara cek data dirimu :

1. Kamu main ke kantor kelurahan, disitu ada pengumuman print-out daftar pemilih utk wilayah kelurahanmu;
2. Kamu bisa cek di website :  www.sidalih3.kpu.go.id atau www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id, masukkan nama dan NIK kamu;
3. Kamu bisa unduh aplikasi mobile berbasis android : KPU RI PEMILU 2019 dan cek data kamu serta keluarga dan teman-teman kamu, bahkan mantan kamu lho 🙂

Kalau sudah terdaftar jangan lupa dengan nomor TPS kamu. Kalau belum terdaftar, kamu segera ke kantor KPU Kota Jaksel, kantor PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di kantor Kecamatan atau Kantor PPS (Panitia Pemungutan Suara) di kantor desa/kelurahan.

Semua kamu (warganegara) punya hak untuk terdaftar dan menjadi pemilih, namun kamu harus ikuti jadwal pendaftaran pemilih. KPU sudah menetapkan DPT (Daftar Pemilih Tetap) tanggal 05 Sept 2018. Namun untuk menyempurnakan Daftar Pemilih yang terpercaya, KPU melakukan penyempurnaan DPT dengan membuat Gerakan Melindungi Hak Pilih #GMHP tanggal 1-28 Oktober 2018.

Gerakan ini bertujuan supaya kamu semua terdaftar dengan baik. Ada tiga kegiatan utama:

1. Mendata pemilih yang belum masuk DPT;
2. Memperbaiki data pemilih yang keliru;
3. Menghapus pemilih ganda (Tidak Memenuhi Syarat/ TMS);

Bila kamu belum terdaftar, kamu perlu segera mengunjungi Posko Layanan GMHP di Kantor KPU Kota Jaksel, Kantor Kecamatan dan Kantor Kelurahan untuk mendaftarkan diri kamu.

Bila kamu sudah punya KTP-el atau kamu belum punya KTP-el tapi sudah melakukan perekaman sampai kamu belum punya dokumen kependudukan sama sekali, kamu tetap bisa mendaftarkan diri sebagai pemilih untuk pemilu 2019.
Jangan sia-siakan hak pilih kamu, gunakan di hari Rabu tanggal 17 April 2019. Suara kamu menentukan masa depan bangsa dan daerah kamu…

#gerakanmelindungihakpilih
#sukseskanpemilu2019
#lindungihakpilihmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s