Apa yang telah Dilakukan KPU Jaksel untuk Penetapan DPT Berkualitas?

Sebagai upaya untuk menghasilkan Daftar Pemilih Tetap yang berkualitas, KPU Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan langkah-langkah dan kegiatan sebagai berikut :

1. Menerima Masukan dan Tanggapan Masyarakat : Posko Mobile DPSHP di 450 Titik se-Jakarta Selatan

Setelah KPU Kota Jakarta Selatan menetapkan Daftar Pemililh Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dalam Rapat Pleno Terbuka pada 22 Juli 2018 sebanyak 1.611.695 Pemilih, untuk memfasilitasi warga kota Jakarta Selatan, KPU Jakarta Selatan membuka posko tanggapan masyarakat di 10 Kecamatan, 65 Kelurahan selama 6 hari dari tanggal 24 – 29 Juli 2018 total di 450 titik lokasi strategis di Jakarta Selatan. Lokasi posko berada di Masjid, Gereja, Sekolah, Kampus, Pasar, Taman, RPTRA, Mall, apartemen, Rumah Sakit, Puskesmas, Stasiun, GOR, SPBU.

Beberapa lokasi strategis diantaranya hari Kamis 26 Juli 2018 di Rusun PU, RSUD Jagakarsa , Apartemen Kebagusan City, Apartemen Rasuna Said, Stasiun Lenteng Agung, Pondok Indah Mal. Posko hari Jumat, 27 Juli di  Taman Bintaro, Masjid Al Hikmah Mampang.

Hari Sabtu, 28 Juli 2018 di Stasiun Pasar Minggu, Apartemen Gardenia, Pintu Utama Kebun Binatang Ragunan, Lobby Mall Kalibata City, Apartemen Riverside Tower, GOR Bulungan, Apartemen Taman Rasuna, RS Setia Mitra Fatmawati.

Hari Mingggu 29 Juli 2018 di  CFD Sudirman, CFD Bintaro, GOR Ragunan, Gereja Pasar Minggu, Lobby Mall Plaza Semanggi, Gereja Protestan Kalibata,  Gereja GKI Halimun Raya, Lotte Mart Fatmawati, Setu Babakan dalam acara Lebaran Betawi, Apartemen Beleza, Taman Honda.

Di Apartemen Kalibata City juga dibuka posko di Tower, Lobby Mall, Masjid apartemen, dan Gereja apartemen dari tanggal 24-29 Juli 2018.

Jadwal Posko Mobile 450 Lokasi Strategis : JADWAL POSKO MOBILE KPU JAKSEL

 

2. Rakor dengan RSUP Fatmawati

RSUP Fatmawati

Berdasarkan Surat Nomor KR.01.01/VIII.2/7104/2018 dari Kementerian Kesehatan RI Dirjen Pelayanan Kesehatan RSUP Fatmawati tanggal 3 Juli 2018 terkait Permohonan TPS di RSUP Fatmawati unyuk karyawan rumah sakit, pasien dan keluarga pasien maka pada tanggal 31 Juli 2018 KPU Kota Jakarta Selatan dan didampingi oleh PPK Cilandak melakukan rapat pertemuan dengan Pihak RSUP Fatmawati yang dihadiri Pak Hadirin dari Kementerian Kesehatan dan pak Tomi serta jajaran pegawai fungsional RSUP Fatmawati.

RSUP Fatmawati meyampaikan informasi sebagai berikut :

  • Rata-rata pasien rawat inap adalah lebih kurang 700 pasien (diperkirakan yang memiliki hak pilih di DKI Jakarta sekitar 300 – 400 pasien)
  • Pegawai Rumah sakit sekitar 2500 pegawai, yang ber-KTP DKI Jakarta sekitar 250 pegawai

 

Beberapa point pembahasan sebagai berikut :

  • Basis data mengadakan TPS adalah adanya pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap
  • Perlu ada kepastian karyawan sudah terdaftar di Daftar pemilih atau belum, mengingat dasar pendaftaran data pemilih adalah sesuai domisili e-KTP masing-masing. Karyawan lebih banyak bukan penduduk setempat (Kecamatan Cilandak).
  • KPU meminta data karyawan rumah sakit yang bertugas di hari-H (17 April 2019) untuk dilakukan pengecekan dan pendataan sudah terdaftar di TPS mana, berapa perkiraan kebutuhan A5 untuk pindah memilih, perkiraan kebutuhan surat suara.
  • Terkait mekanisme pindah memilih dengan formulir A5, KPU masih menunggu petunjuk teknis ataupun PKPU yang mengatur terkait pemungutan suara
  • Pengalaman Pilgub 2017 di sekitar RSUP Fatmawati ada 3 TPS dan TPS keliling (mobile)
  • Perlu dipasang spanduk informasi mekanisme pindah memilih dengan A5 di RSUP untuk informasi kepada pasien, keluarga pasien maupun karyawan.

 

3. Menindaklanjuti Temuan Data Invalid dan Ganda 

  1. Pemilih dengan NKK diluar DKI Jakarta
  2. Pemilih dengan Nomor KK dan NIK tidak 16 digit
  3. Pemilih NIK/NKK dengan kode kab/kota dan kecamatan 00
  4. NIK dengan kode provinsi, kab/kota, dan kecamatan tidak ada dalam wilayah kependudukan
  5. Pemilih dengan NKK yang terdaftar di luar Kab/Kota
  6. Usia kurang 11 tahun dan lebih 85 tahun
  7. Tempat lahir bukan nama kab/kota

 

4. Rakor Pembersihan Data Ganda dan Invalid (Tanggal 31 Juli – 2 Agustus 2018 dan 15 – 17 Juli 2018)

  1. Tanggal 31 Juli – 2 Agustus 2018 dan 15 – 17 Agustus 2018, KPU Kota Jakarta Selatan difasilitasi oleh KPU DKI Jakarta melakukan rakor dengan Dinas Dukcapil DKI untuk merapikan data invalid dan data ganda
  2. Beberapa data invalid yang diperbaiki antara lain:
  • Alamat kosong
  • Jenis kelamin NIHIL
  • NKK yang diisi dengan NIK
  • Data ganda terdiri dari data ganda antar wilayah, dan internal wilayah kab/kota

 

5. Pemeriksaan Kesehatan Pemilih Panti Sosial Psikotik di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia 3 

Penghuni Panti Sosial yang telah memiliki NIK dan NKK DKI Jakarta didaftarkan dalam DPT. Penghuni Panti Sosial yang memiliki gangguan Jiwa (Psikotik) di PSTW 3 Budi Mulia di Jl. Margaguna Raya 01 dilakukan pemeriksaan kesehatan 8 Agustus 2018 oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.  Petugas dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta dipimpin oleh dokter Monica dan Puskesmas terdekat, sedangkan dari KPU petugas monitoring oleh Dody Wijaya dan Yusuf Satyanegara.

Data pemilih di TPS 12 ada 230 data dan TPS 13 ada 228 data, total ada lebih kurang 458 pemilih dari panti dan penduduk sekitar. Penghuni panti yang diduga psikotik ada 91 orang yang diperiksa dan 15 orang direkomendasikan sebagai layak terdaftar sebagai pemilih.

 

6. Rapat Koordinasi terkait Apartemen Kalibata City, 12 Agustus 2018

Terkait apartemen Kalibata City perlu mendapat atensi khusus dari KPU Kota Jakarta Selatan, oleh karena itu diadakan Rapat Koordinasi pihak terkait.

Tempat                        : Kelurahan Rawajati

Hari/Tanggal               : Senin, 14 Agustus 2018

Waktu                           : 19.30 – selesai

Peserta Rapat            :

  1. Komisioner KPU Jakarta Selatan
  2. Lurah Rawajati
  3. Perwakilan Kecamatan Pancoran
  4. Panwaslu
  5. PPK Kecamatan Pancoran
  6. PPS Kelurahan Rawajati
  7. Para Ketua RT Apartemen Kalibata City (Borneo, Viola, Akasia, Jasmine, Kemuning, Cendana, Ebony)
  8. Badan Pengelola Apartment Kalibata City

 

Notulensi Rapat:

  1. Pembukaan

Rapat Dimulai Pukul 19.50 WIB oleh Moderator, kemudian Penyampaian sambutan oleh Kepala Lurah Rawajati dan Komisioner KPU Jakarta Selatan.

  1. Diskusi

Pemahaman masyarakat mengenai cara memilih menggunakan e-ktp pada tahun 2014 sempat salah kaprah dalam memilih di TPS, Karena harus sesuai dengan alamat yang tertera di E-KTP maka dengan demikian dibuat posko menerima data pemilih yang belum terdaftar di DPT dalam hal ini penghuni apartment kalibata city.

Pengurus RT selalu mensosialisasikan pendaftaran mulai dari Lingkungan masjid, hingga Mall. Tetapi Itu kembali kepada masyarakat untuk aktif mendaftarkan diri untuk mendapatkan hak pilihnya.

Badan Pengelola Apartment hanya menyediakan ruang fasilitas pelaksanaan pemilu di lapangan lingkungan apartemen kalibata city.

Pertanyaan-Pertanyaan

Pertanyaan ( RT Akasia ): Bagaimana jika ada penghuni baru dan sudah memiliki E-Ktp sesuai dengan alamat kalibata city dan ingin memilih di TPS apartemen kalibata city belum terdaftar di DPT?

Jawab : untuk penghuni yang baru pindah wajib mengajukan surat A5 untuk mendaftar.

Masukan dan Informasi

Kepala Lurah: Dalam pelaksanaan Pemilu nanti, Lurah Rawajati menginginkan adanya petugas dari KPU Jaksel untuk mengawasi selama pemilihan berlangsung guna meminimalisir terjadinya kecurangan atau kerusuhan.

Perwakilan warga Kalibata city ( pak sandi) : Warga kalibata city mendukung penuh dan ingin membantu kegiatan dari KPU Jaksel dengan melalui forum silaturrahmi warga kalibata city, dan Badan Pengelola Apartmen Kalibata city wajib memfasilitasi.

Ketua Panwas : Para RT harus Mengetahui berapa banyak warganya.

PPS Rawajati : Bagi yang belum terdaftar, bisa langsung menghubungi pihak PPS dengan mencatumkan fotocopy E-KTP dan KK maksimal tanggal 15 agustus 2018.

 

7. Rapat Koordinasi dengan Stakeholder di Tingkat Kota

Sessi 1 :  8 Agustus 2018

  • Panwaskota
  • Perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu 2019
  • Perwakilan dari Pejabat Sudin Tingkat Kota

Sessi 2 : 18 Agustus 2018

  • Panwaskota
  • Perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu 2019
  • Perwakilan dari Pejabat Sudin Tingkat Kota
  • Perwakilan PengelolaApartment (Kalibata City; Taman Rasuna; Kebaguasan; Citywalk)

 

8. Pleno DPSHP Perbaikan di Tingkat Kelurahan dan Kecamatan

  1. 13 Agustus 2018 : PLENO TINGKAT KELURAHAN
  2. 15 Agustus 2018 : PLENO TINGKAT KECAMATAN

 

9. Rapat Koordinasi dengan Dinas Dukcapil, Kanwil Kumham, Bawaslu DKI, Komnas HAM, Kalapas dan Karutan Se – DKI tanggal 16 Agustus 2018

 

10. Finalisasi DPT 18 – 20 Agustus 2018

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s