Pendaftaran Calon Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta

KPU DKI Jakarta membuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 4 Juli 2018 – 17 Juli 2018 di Lantai II Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta.

Anggota KPU Kota/ Kabupaten Divisi Teknis membantu proses penerimaan pencalonan anggota DPRD di KPU Provinsi. Setelah menunggu selama 14 hari, Partai Politik lebih banyak menggunakan dua hari terakhir 16-17 Juli 2018 untuk melakukan pendaftaran calon anggota DPRD Provinsi.

Tepat pukul 24.00 tanggal 17 Juli 2018 semua partai politik menyeleseikan pendaftaran calon anggota DPRD DKI Jakarta dan akan di verifikasi maksimal sampai tanggal 18 Juli 2018.

Di ruang pendaftaran, petugas menyiapkan 4 buah meja pendaftaran, yang setiap meja dilayani oleh 3 orang petugas pendaftaran. Dengan jumlah partai politik sebanyak 16, maka setiap meja/tim petugas pendaftaran akan melayani 4 partai.

Partai Politik wajib mengunggah semua berkas pendaftaran (dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bakal calon) ke dalam Silon. Petugas pendaftaran akan menerima dan meneliti pemenuhan persyaratan pengajuan bakal calon berdasarkan naskah asli (hardcopy) dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan mencocokan dengan data yang tercantum dalam SILON dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Memeriksa apakah dokumen pengajuan bakal calon sebanyak 1 rangkap asli, ditandatangani dan distempel basah/asli, telah dimasukan dalam 1 Map bertuliskan Nama Partai Politik yang berisi 6 dokumen:

  • Formulir Model B;
  • Salinan Keputusan Pimpinan Partai Politik Tingkat Pusat untuk kepengurusan Partai Politik tingkat Provinsi yang dilegalisir oleh DPP Partai Politik;
  • Formulir Model B1 untuk 10 dapil;
  • Salinan AD/ART atau aturan internal Partai Politik yang mengatur mekanisme seleksi yang dilegalisir oleh DPP Partai
  • Formulir Model B2;
  • Formulir Model

2. Meneliti jumlah dan kesesuaian dokumen pengajuan bakal calon (softcopy) yang terdapat pada SILON dengan data yang terdapat pada naskah asli (hardcopy) menggunakan lembar checklist dan memberi tanda √ pada kolom “ada” atau “tidak ada” dan “sesuai” atau “tidak sesuai”.

3. Petugas memastikan bahwa nama/jabatan Ketua dan Sekretaris yang bertanda tangan di Formulir Model B, B1, B2 dan B3 sama dengan nama/jabatan Ketua dan Sekretaris di Salinan Keputusan Pimpinan Partai Politik Tingkat Pusat

4. Dalam meneliti Keterwakilan 30% jumlah bakal calon perempuan di setiap Dapil pada Formulir Model B di 10 Dapil, petugas harus memastikan bahwa jumlah minimal calon perempuan dalam setiap dapil.

DAPIL JUMLAH KURSI JUMLAH MINIMUM 30% CALON PEREMPUAN
DKI JAKARTA 1 12 4 ORANG
DKI JAKARTA 2 9 3 ORANG
DKI JAKARTA 3 9 3 ORANG
DKI JAKARTA 4 10 3 ORANG
DKI JAKARTA 5 10 3 ORANG
DKI JAKARTA 6 10 3 ORANG
DKI JAKARTA 7 10 3 ORANG
DKI JAKARTA 8 12 4 ORANG
DKI JAKARTA 9 12 4 ORANG
DKI JAKARTA 10 12 4 ORANG
JUMLAH 106 34 ORANG

 

5. Petugas dalam meneliti penempatan susunan daftar calon di setiap 3 orang bakal calon, wajib terdapat 1 orang bakal calon perempuan pada Formulir B1 di 10 Dapil.

6. Jika seluruh dokumen persyaratan pengajuan bakal calon anggota DPRD Provinsi yang diserahkan telah lengkap dan sesuai, maka diberikan tanda terima kepada Partai Politik menggunakan formulir model TT.Pd, yang harus ditandatangani oleh Ketua/Anggota KPU Provinsi DKI Jakarta/Ketua Pokja

7. Sebaliknya, apabila terdapat dokumen persyaratan pengajuan bakal calon anggota DPRD Provinsi yang belum lengkap atau belum sesuai, maka seluruh dokumen dikembalikan dengan menggunakan Formulir Model BA Pengembalian, yang harus ditandatangani oleh seluruh anggota KPU Provinsi DKI Jakarta.  Partai politik dapat melengkapi dan atau memperbaiki dokumen serta menyampaikannya ke KPU Provinsi pada masa pengajuan bakal calon s/d. tgl 17 Juli 2018).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s