Hello, election activists! Welcome to my blog. This is a home for election activists

You can have election without democracy. But, you cannot have democracy without election,” (Ramlan Surbakti).

 

Anda dapat memiliki pemilu tanpa demokrasi. Tapi, Anda tidak bisa memiliki demokrasi tanpa pemilu itulah pandangan pakar Pemilu Profesor Ramlan Surbakti, Drs., M.Si., Ph.D. Begitu pentingnya pemilu di negara demokrasi seperti di Indonesia. Penyelenggara Pemilu memiliki kewenangan yang sangat besar dalam menyelenggarakan pemilu yang profesional dan berintegritas. Terpilihnya seorang anggota DPRD, DPR RI, Bupati, Walikota, Gubernur bahkan seorang Presiden pasti melalui proses pemilihan oleh rakyat yang di selenggarakan oleh KPU.

Seorang tokoh media Karni Ilyas pernah berujar menyampaikan kutipan Pemimpin Uni Sovyet, Joseph Stalin : “Orang-orang yang memberikan vote (suara) tidak menentukan hasil dari pemilu. Namun orang-orang yang menghitung vote itulah yang menentukan hasil dari pemilu.” Tentu saja quote ini belum tentu relevan dengan kondisi di Indonesia yang berbeda sistem politik, sistem pemilu dan partisipasi masyarakat dalam demokrasi, namun cukup menjadi perhatian begitu dominannya peran penyelenggara pemilu.

Karena itu, Indonesia membutuhkan penyelenggara Pemilu yang profesional dan berintegritas tinggi. Karena itu pula saya terpanggil terjun di bidang politik menjadi penyelenggara pemilu karena ada nilai-nilai integritas, demokrasi dan profesionalitas di lembaga penyelenggara pemilu seperti KPU.

 

Blog ini saya buat sebagai bentuk pertanggung jawaban saya sebagai Komisioner KPU Kota Administrasi Jakarta Selatan kepada publik. Selain sebagai bentuk laporan kinerja juga menyampaikan informasi serta gagasan-gagasan saya dalam dunia kepemiluan.

Semoga dengan adanya blog ini, publik bisa mengetahui kinerja anggota / komisioner KPU, apa saja yang telah dilakukan KPU dan dapat memberikan masukan dan kritik terhadap KPU khususnya warga dan peserta pemilu di kota administrasi Jakarta Selatan.

Karena keterbatasan waktu dan SDM yang mengelolah blog ini (saya tulis sendiri, karena tidak memiliki staff/ tenaga ahli) hanya hal-hal yang penting dan prioritas yang bisa saya sampaikan.

Saran, masukan, diskusi, sharing sangat saya harapkan dari pembaca sekalian. Tulisan dari pegiat dan aktivis pemilu juga bisa disampaikan untuk diposting disini.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s